20. Mei 2011 · 9 comments · Categories: Tak Berkategori

Masih adakah gunanya membicarakan siapa nenek moyang kita pada masa sekarang ini? Bukankah selama kita lahir, hidup, bahkan jika kelak dikebumikan di bumi indONEsia, kita adalah bangsa indONEsia?

Menyikapi ucapan seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat tentang seorang Menteri [entah benar atau media yang salah kutip], sesuatu melintas dalam pikiranku. Kalau akhirnya orang beramairamai menghujat anggota DPR itu, mungkin memang benar kerinduan akan sosok Soeharto sedang membuncah.

Bagaimana tidak, anggapan bahwa Cina adalah sesuatu yang tabu untuk dibicarakan, anggapan bahwa [sebagian] warga negara indONEsia keturunan Cina hanyalah [maaf] warga kelas dua, hanya terjadi pada pemerintahan pak Harto. Meskipun kenyataanya pada jaman pak Harto jugalah, sebagian lagi mendapat perlakuan khusus. Entah itu dalam bidang bisnis maupun dalam bidang olah raga. Perlakuan khusus untuk yang terakhir malah lebih tragis. Bangsa ini membebankan tugas untuk mengibarkan sang Merah Putih kepada atlet bulutangkis, dan di saat bersamaan kepada mereka diwajibkan untuk mengantongi selembar surat keterangan kewarganegaraan. Padahal mereka, lahir, besar, belajar bulutangkis di tanah indONEsia.

Sepertinya, sejak jaman Pak Dur jadi Presiden, diskriminasi itu sudah dibuang jauh. Warga negara keturunan Cina kita anggap sama kedudukannya dengan warga negara lain. Mungkin analoginya mereka seperti suku bangsa saja, seperti Jawa,Batak,Ambon dan lain lain. Budaya mereka sudah bisa kita lihat dipertontonkan sejak itu. Hari besar [tahun baru] mereka, kita tetapkan sebagai hari libur. Pokoknya mereka adalah bagian dari keanekaragaman bangsa ini.

Berdasar itulah maka aku berpikir, seharusnya tak perlu bersikap berlebihan terhadap ucapan sang wakil rakyat itu. Sama saja misalnya kalau dikatakan, aku menjalankan adat Batak, karena atau untuk menjaga warisan nenek moyangku. Tidak ada yang harus dirisaukan. Buatku, Susi Susanti dan Alan Budikusuma [sekadar untuk menyebut contoh], jauh lebih terhormat dari dia. Jauh sekali bahkan.

9 Komentar

  1. I blog frequently and I really thank you for your information.
    This great article has truly peaked my interest.
    I will take a note of your website and keep checking for new details about once per week.
    I subscribed to your RSS feed as well.

  2. goklas-tambunan.net rss feed bookmarked !
    get a free ipad

  3. This article ahcieved exactly what I wanted it to achieve.

  4. goklas-tambunan.net brings back smile on my face
    [url=http://www.youtube.com/watch?v=Ot0BOdh1UO4]118bet[/url]

  5. goklas-tambunan.net is my TOP3 website!

    iphone 5

  6. …yah…ada benarnya… :)p

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *