12. Januari 2004 · Write a comment · Categories: Tak Berkategori

Kalau ditanya siapa anak paling terkenal sejagat, mungkin anak inilah orangnya. Dan anak ini pulalah yang menyihir Jakarta malam Minggu kemarin. Sebagaimana diketahui, seri ke lima dari Buku karangan J.K.Rowling [versi bahasa asliny/ Inggris] telah dirilis pada pertengahan tahun lalu. Tapi ternyata butuh waktu enam bulan untuk penggemar di Indonesia bisa menikmati versi Bahasa Indonesia.

Gramedia sebagai penterjemah plus penerbitnya menyelenggarakan promosi yang besar-besaran dan tidak biasa untuk ukuran penjualan buku di Indonesia. Yang tidak biasa adalah, mereka menyediakan 300 eksemplar versi hard copy yang diberi tanda sebagai first edition. Ke-300 buku ini tidak dijual di jaringan toko buku mereka maupun toko buku lain. Tapi dibawa berkeling Jakarta melewati beberapa jalan utama dengan menggunakan mobil yang dihiasi dengan gambar Harry Potter.

Penjualannya pun baru dimulai pada tanggal 11 Januari 2004 pukul 00.00 WIB tengah malam ! Konon kabarnya, edisi ini bersisa 20 eksemplar selama penjualan 3 jam !. Dan waktu jalan ke Toko Gramedia, Minggu kemarin mereka bilang kalau buku ini adalah buku terlaris sepanjang abad ini ! Seain Gramedia, Toko Buku Gunung Agung bahkan berani menargetkan penjualan satu milyar khusus untuk buku ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *