21. September 2009 · 6 comments · Categories: Tak Berkategori

Teknologi, sejatinya adalah alat untuk memudahkan manusia menjalani kehidupan kesehariannya.

Pisau tercipta, pasti karena manusia jaman dahulu ingin menghilangkan rasa laparnya. Membunuh dan memotong hewan buruan atau menebang pohon untuk dgunakan sebagai tempat tinggal misalnya. Semakin hari akal pikiran manusia terus diasah dan dipaksa menemukan teknologi yang semakin mudah dan [mungkin] murah. Sehingga pisau yang untuk memotong tadi berubah bentuk seiring perkembangan. Dari lempengan batu, besi, bahkan dengan sinar, manusia sudah bisa memotong.

Semangat memudahkan inilah yang sekarang mengganggu pikiranku. Khususnya dalam menyalurkan kesenangan menulis apa yang aku pikirkan. Kalau dulu, ngeblog aku lakukan disela kerjaan di kantor, yang pastinya dengan menggunakan komputer desktop, semakin hari semakin memudahkan dengan adanya teknologi. Aku mulai bisa ngeblog dari rumah, karena rumah dipasangi jaringan internet. Ngeblog bisa aku lakukan di meja makan, karena ada teknologi yg membuat komputer jinjing.

Ngeblog bisa juga aku lakukan sambil bergerak, karena ada modem. Ngeblog bisa juga dilakukan sambil naik omprengan, karena rakyat Finlandia memproduksi telepon genggam seri 9500. Ngeblog semakin mudah, karena istri membelikan produk Finlandia seri E71 sebagai hadiah ulangtahun, tahun lalu. Meski sama sama telah mengadopsi sistem QWERTY, yang terakhir lebih mungil dan tidak khawatir kalau ngetik sambil jalan misalnya. Berbeda dengan 9500 yang tampilan mengetiknya masih menggunakan dua keping. Satu untuk mengetik, keping satunya untuk layar monitor. Untuk kedua perangkat ini, aku dibantu oleh adanya pengolah kata. Jadi, tulisan bisa diketik terlebih dahulu, baru kemudian diunggah melalui peramban [browser] yg tersedia. Dua kali kerja memang. Namun itu dapat mengantisipasi kalau kalau koneksi mendadak putus, bila diketik langsung di ruang admin blogku.

Mustinya ngeblog semakin mudah, karena perusahaan Chairul Tanjung memberi BerryItem sebagai hadiah untuk mereka yang menitikan uang disana. Meski kata sebagian besar teman aku bodoh, karena uang baru bisa aku ambil beberapa tahun lagi hehehe. EGP. Aku bilang semakin mudah, karena wordpress sebagai alat yang aku gunakan untuk ngeblog, mengeluarkan alat bantu bagi si BerryItem.

Ternyata tidak semudah itu. Bukan apa apa. Mengetik lebih nyaman di E71 dibandingkan BerryItem. Selain itu ketahanan batere si E71 lebih lama dibanding BerryItem. Jadilah aku tetap menggunakan keduanya untuk ngeblog. Postingan ditulis di E71, untuk kemudian diunggah melalui BerryItem.

Naaah….masalah terbesar saat ini adalah memindahkan tulisan dari E71 ke BerryItem. Sampai sejauh ini, teknologi GigiBiru keduanya belum bisa nyambung. Entah kenapa. Jadilah aku mengirim dulu tulisan ke BerryItem untuk kemudian diunggah darisana. Tulisan ini sendiri merupakan tulisan ketiga yg diposting lewat BerryItem. Mudah-mudahan semakin cepat aku tau cara memindahkan tulisan untuk diunggah. Karena aku percaya, teknologi memang memudahkan.

6 Komentar

  1. @LT13 : hehehehe….gitu ya…? but thanks udah singgah ya

  2. sayah dua-duanya belum punya (E71 ato berry item) jadinya belum bisa merasakan ‘kemudahannya’… :D

  3. menurut aku BerryItem terlalu mahal kalau hanya digunakan untuk social networking atau hanya bertwitter ria. teknologi yg memudahkan, berarti jua jaringan internet yg dia punya bisa dmanfaatkan untuk ngeblog..begitu…..thanks udah singgah ya

  4. jujur aku belum bisa paham nih Om…. secara lebih normal kalau kita sebut.. BB dan sejenisnya untuk ber-social network atau ber-tweeting bukang nge-blogging

  5. thanks udah singgah, Mas…sorry kampat mbingungke….abis ga mau nyebut merek, jee

  6. wahhh sempet bertanya tanya berryItem itu apa, ternyata blackberry toh :))

    klo masalah koneksivitas E71 dan BB saya lom bisa bantu, gak pernah pake Handheld buat ngeblog, palingan bb di pake buat ngecek email dan chating, browsing aja jarang :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *