05. November 2003 · 2 comments · Categories: Tak Berkategori


Mungkin sebelumnya tidak banyak yang mengenal daerah ini. Namun apa yang terjadi pada hari Minggu kemarin membuatnya menjadi lebih terkenal lagi. Hingga saat ini sudah 101 orang tewas. Belum lagi puluhan orang yang masih dicari.

Sepanjang yang aku ketahui, Sei Bohorok salah satu lokasi rekreasi petualangan di Sumatera Utara. Letaknya 80-an kilometer sebelah barat kota Medan. Sei sendiri konon merupakan singkatan sungai. Di Sumatera Utara sebutan untuk sungai-sungai itu diawali dengan Sei. Selain Sei Bohorok ada lagi Sei Wampu atau Sei Mencirim. Mungkin mirip-mirip dengan sebutan kali di Jakarta atau awalan Ci di Jawa Barat. Sei Bahorok sendiri kalo aku lihat dari bentuknya, sebenarnya mirip dengan beberapa kali di daerah Jawa Barat yang dimanfaatkan untuk wisata arung jeram. Seperti citarik atau Citatah [bener gak sih ?]. Hanya mungkin belum ada investor yang tertarik untuk memanfaatkannya.

Selain sungai Bohorok ini, di daerah itu juga ada Taman Nasional Gunung Leuser dan bukit lawang yang merupakan habitat orangutan. Orangutan seniri merupakan satwa langka yang dilindungi bukan hanya oleh pemerintah Indonesia namun dunia. Sehingga banyak pihak atau negara yang memberi perhatian untuk daerah ini. Terbukti dengan dilaksanakannya beberapa proyek penelitian di sana. Mungkin itu yang menyebabkan ada beberapa diantara korban yang merupakan turis atau warga negara asing.

Gunung Leuser sendiri ternyata terletak di perbatasan dengan propinsi Nangroe Aceh Darussalam. Sehingga sebagian berada di Sumatera Utara dan sebagian berada di propinsi Serambi Mekah itu

Aku pikir diatas semuanya itu, layak kita turut berduka untuk kejadian ini. Semoga semua korban dapat ditemukan dan pada masa yang akan datang kejadian memilukan ini tidak terulang lagi.

Oh ya, beberapa link yang berhubungan dengan daerah ini aku temukan melalui google :
objek wisata
foto-foto
orangutan
orangutan network

2 Komentar

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata, menurut saya pariwisata indonesia merupakan salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi pada waktu liburan.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Pariwisata

  2. Excellent article and easy to understand explanation. How do I go about getting permission to post part of the article in my upcoming news letter? Giving proper credit to you the author and link to the site would not be a problem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *