27. April 2014 · 1.250 comments · Categories: Tak Berkategori

20140427-103948.jpg

Sekilas mungkin orang akan mengira iklan di atas adalah iklan milik PT Astra International Tbk. Tak bisa disalahkan, karena menampilkan gambar Toyota Fortuner dan logo Toyota. Dilengkapi kalimat, ‘Menangkan Toyota New Fortuner’ dengan kalimat provokatif ‘Hanya 10 Hari !‘. Seolah pembaca ditawari kesempatan untuk memperoleh sebuah Toyota Fortuner sebagaimana gambar tertera. Caranya pun cukup ‘mudah [?]‘. Setiap pembaca yang dengan rumus yang mereka sediakan, memperoleh angka 399 berhak untuk ikut undian memperoleh Toyota Fortuner.

Namun coba perhatikan lagi rumus yang diberikan

1. Ambil tahun kelahiran, tambahkan dengan 385
2. Hasil hitungan pada angka 1 tambahkan dengan umur anda pada tahun 2014
3. Hasil perhitungan di angka 2, kurangi dengan angka 2000

Tahun berapapun pembaca lahir, hasilnya pasti 399!. Artinya semua berhak mengikuti undian yang mereka siapkan. Bahkan mereka yang baru lahir dua tahun lalu. Langkah selanjutnya adalah, mereka yang setelah menghitung tahun kelahiran memperoleh angka 399, dipersilahkan mengisi kupon undian [mereka menyebutnya Kupon Partisipasi]. Sebagaimana layaknya peserta undian, calon peserta akan diminta mengisi data personal. Seperti nama, alamat dan nomor kontak yang bisa dihubungi.

Tapi sebentar dulu, pada kupon tertera syarat dan ketentuan yang meski ditulis dengan huruf kapital,mberukuran cukup kecil. Butuh usaha untuk membacanya lengkap. Sampai di sini, diharapkan pembaca atau calon peserta berhati hati. Yang pertama, ternyata hadiahnya bukan dalam bentuk barang [Toyota Fortuner] sebagaimana disebut pada gambar iklan. Namun dalam bentuk uang tunai senilai Rp 399.000.000,- yang katanya seharga satu unit Toyota Fortuner 2,5 G M/T per Februari 2014. Begitu seterusnya untuk hadiah sesuai kategori pemenang.

Ternyata perhitungan dengan angka kelahiran sebagaimana disebut di atas, merupakan tahap pertama ‘PROMOSI‘ yang diselenggarakan oleh PT Gema Loka Optima ini. Jika peminat promosi memperoleh angka 399, maka padanya melekat hak untuk mengikuti tahap selanjutnya yaitu menyatakan diri bersedia menerima ‘Katalog dan Dokkumen informasi yang memuat syarat dan ketentuan lebih lanjut’. Tahap kedua adalah tahap yang harus diperhatikan lebih rinci. Karena peserta harus melakukan pemesanan produk dari katalog yang diterima, dan pemesanan sudah harus dibayar lunas.

Pemenang hadiah utama dan hadiah lain, ditentukan oleh penyelenggara berdasarkan nilai pembelian tertinggi dengan ketentuan tambahan. Jika terdapat produk yang ingin dikembalikan [retur] maka nilai pengembalian [refund] tidak akan diperhitungkan dalam menghitung jumlah pembelian. Jika terdapat lebih dari satu kandidat pemenang, maka penentuan pemenang dilakukan dengan cara melihat pada :
1. Penerimaan pelunasan terlebih dahulu
2. Tingkat loyalitas dan frekwensi pembelian
Pihak penyelenggara juga mengingatkan bahwa promosi ini bukanlah kontes, permainan ataupun undian. Karena tidak didasarkan pada peluang atau kesempatan.

Jadi jangan senang dulu karena anda mendapatkan nilai 399. Sebab belum tentu Fortuner didapat. Angka 399 hanya pintu masuk bagi anda untuk menyerahkan data pada mereka untuk selanjutnya dikirimi katalog. Setelah itu, jika ingin mendapat Fortuner, belanjalah sebanyak banyaknya pada mereka. Dengan harapan nilai pembelanjaannya adalah yang terbanyak diantara peserta lainnya yang datanya anda tidak akan pernah tahu.

Pembaca layak untuk berhati hati. Dengan memasang iklan seperempat halaman di harian Kompas, sepertinya penyelenggara berharap mendapat hasil pancingan yang cukup besar. Karena umpannya cukup mahal ;-)

1.250 Komentar

  1. Promosinya easy shopping gak etis, mau untung sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *