05. Juli 2008 · 2 comments · Categories: Tak Berkategori

‘Aku tidak minta kamu memaafkan aku, aku hanya minta kamu memahami aku’

Kalimat ini diucapkan Sand Man kepada Spider Man di akhir film Spider Man 3. Sand Man yang merupakan salah satu musuh Spider Man dalam film ketiga komik Marvel tersebut. Saat masih manusia biasa [dia berubah menjadi ‘manusia pasir’ karena terjerembab dalam sebuah laboratorium percobaan] adalah tersangka pembunuh paman dari Peter Parker [wujud manusia dari Spiderman].

Dalam film tersebut, dikisahkan secara kilas balik, bagaimana Sand Man sebagai manusia, membunuh paman Peter Parker dalam sebuah usaha perampokan yang ‘terpaksa’ dilakukannya demi mengobati penyakit yang diderita putri semata wayangnya. Pembunuha itulah yang menjadi alasan utama mengapa Spiderman terpaksa bertarung dengan sang manusia pasir, selain karena ternyata beberapa kali ulahnya meresahkan masyarakat.

Konon, perasaan dendam yang dimiliki oleh Peter Parker inilah yang menjadi kunci sukses dari film ini. Karena dibalik sosok super heronya terdapat sisi kemanusiaan dalam diri Spiderman. Selain itu, sang bibi wanti-wanti kepada Spiderman untuk tidak menaruh dendam kepada pembunuh suaminya tersebut.

Suatu keadaan yang dipandang dari sisi manusiawi, mungkin sangat berat untuk dilakukan. Memaafkan seseorang yang telah menyakiti kita. Apapun alasannya manusia pasir tetaplah bersalah telah menghilangkan nyawa orang. Meski hal tersebut dilakukan tanpa sengaja dalam upayanya menyelamatkan nyawa manusia lain.

Yang menarik dari sepenggal kalimat diatas adalah, manusia pasir secara tersirat mengakui kesalahannya dengan mengatakan, dia tidak minta untuk dimaafkan. Secara sadar dia mengakui kesalahannya. Dia hanya minta pemahaman atas latar belakang kesalahan tersebut. Karena bagaimanapun, dia telah menerima akibat dari perbuatannya. Dia telah dihukum, meski hukumannya tidak selesai dijalani. Dia juga telah dihukum dengan dikejar-kejar polisi, dan setelah menjadi manusia pasir, masyarakat juga telah menghukum dengan memusuhinya karena dianggap sebagai pengganggu ketentraman.

Dengan lapang dada dia menerima semua akibat dari perbuatannya. Dengan wajah penuh penyesalan dia hanya meminta satu dari dua orang yang paling terpukul dengan perbuatannya dimasa lalu, untuk bisa memahaminya. Dan yang membuat hatinya lega, Spiderman akhirnya kemudian mengatakan, aku memaafkanmu. Sang manusia pasir pun menghilang dari hadapan sang super hero.

2 Komentar

  1. I don’t normally comment on blogs.. But nice post! I just bookmarked your site

  2. A thoughtful perception and suggestions I’ll use on my blogging site. Youve of course spent a great deal of time on this. Thanks!

  3. Pingback: 7sultan pokker

  4. Pingback: search 4 cheaper health for the fitness online midwest health savannah ga

  5. Pingback: compare driverinsurance for young women line www monroeguaranty com recreational

  6. Pingback: www mickeysclubcasino com

  7. Pingback: cheaper high risk driver insure driver rate viaticus insurence company in beaumont texas mercedes vario

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *