24. Desember 2006 · 3 comments · Categories: Tak Berkategori

Malam Natal. Besok 25 Desember diperingati sebagai hari Natal. Konon peringatan 25 Desember sebagai tanggal kelahiran Yesus Kristus ini diadopsi dari beberapa negara di Eropa Barat. Yang kemudian menyebarkannya ke negara-negara kemana mereka ‘merantau’. Termasuk Amerika dan Indonesia. Dan katanya itu dimulai sekitar tahun 200an. Sebelumnya banyak negara di Timur Tengah, tempat dimana Yesus dilahirkan percaya bahwa ternyata Dia dilahirkan dan wafat pada tanggal yang sama yaitu 25 Maret.

Tak terlalu penting sebenarnya mempersoalkan kapan Yesus dilahirkan dan kapan para pengikutNya merayakan kelahiranNya. Karena sebagaimana yang diajarkan olehNya, yang terutama adalah bagaimana para pengikutNya [yang percaya kepada Yesus Kristus] dan kemudian disebut Kristen menjalankan apa yang pernah diajarkanNya.

Hukum yang terutama dan paling utama yang dipercayai sebagai ajaranNya adalah Kasih. Bagaimana mengasihi diri sendiri serta mengasihi sesama. Yang paling berat adalah bagaimana [mengalahkan ego] untuk mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri.

Seminggu ini aku disadarkan kembali akan satu ajaran dari Yesus. Yaitu waktu mendengarkan satu lagu Natal yang tak terlalu kelihatan ‘nuansa’ Natalnya. Lagu dari album terbaru Glenn Fredly tentang ‘tugas’ yang merupakan ajaran dari Yesus Kristus. Meski sebenarnya aku [dan aku yakin sebagian besar orang Kristen] sudah sejak di Sekolah Minggu diperkenalkan oleh potongan ayat Alkitab yang berbunyi ‘Jadilah garam dan terang dunia’. Mendengar plus menyenandungkan lagu itu, tidak seperti dikotbahi. Namun terasa menohok.

Untuk sekedar berbagi, aku coba kutipkan disini. ‘Jadilah terang di tempat yang gelap. Jadilah garam jangan di tengah lautan. Jadilah harapan, jangan hanya berharap’.

Untuk yang merayakan aku ucapkan SELAMAT HARI NATAL. Semoga kita selalu menjadi terang.

3 Komentar

  1. wadduh! aku tak simpen. soba googling saja. multiply?

  2. lagunya bisa download dimana?

  3. selamat natal dan tahun baru :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *