Pernah mendengar lagu ini ? Konon lagu ini dibawakan oleh tiga group band besar Indonesia di acara Rockestra tahun 2000 lalu.


SATU CINTA SATU BENDERA

Kenyataan hidup ini nggak ada yang sama
Mengapa kita harus takut berbeda
Kita masih bisa saling berbicara
Mengapa harus banyak kehilangan nyawa

Chorus:
Buat apa punya agama, bila untuk saling membunuh
Lebih baik tidak usah punya agama saja
Selama masih ada cinta, selama punya banyak doa
Kita hanya butuh satu kata
Indonesia…

Alam saja tercipta penuh dengan warna
Mengapa kita harus takut berbeda
Andai kita masih bermain kata-kata
Tidak perlu lagi ada korban nyawa

(chorus)

Tinggalkan saja
Buanglah saja
Kesuraman yang terjadi saat ini
Dimana rasa
Dimana akal
Undang cahaya pijarkan kehidupan…
Lagu Kolaborasi GIGI-SLANK-DEWA (Rockestra 2000)

Seminggu terakhir, aku teringat kembali akan lagu ini. Terutama bagian chorus. Gara-garanya banyak sekali kekerasan yang terjadi dengan mengatasnamakan agama. Jalan masuk ke sekolah ditutup di Ciledug. Tempat hiburan dirusak di Kemang.

Terakhir, ada surat yang beredar di beberapa milis. Surat itu berasal dari sebuah organisasi yang namanya baru aku dengar. Inti dari surat itu adalah meminta agar sebutan kepada Tuhan orang [agama] lain dirubah. Karena menurut si pengirim surat itu, sebutan tersebut adalah milik kelompok mereka. Tak lupa si pengirim surat mengatakan keinginannya agar surat tersebut harus ditanggapi secara serius demi persatuan dan perdamaian antar umat beragama.

Secara pribadi, aku ketawa saja membaca isi surat itu. Dan merasa tak perlu memberi respon berlebihan. Sebab, meski surat itu dikesankan berasal dari satu organisasi hebat, aku merasa pembuatnya tidak tahu apa-apa soal agamanya. Dan dengan ketidaktahuannya itu ingin mengatur agama orang lain. Udah gitu dengan nada mengancam penulis surat itu menghimbau dengan kata-kata untuk segera menghentikan cara-cara mereka yang akan merusak persatuan dan kesatuan antar umat beragama. BAH ! Yang mau merusak persatuan dan kesatuan itu siapa ya ?

update :
ada petikan bagus di sini : jangan jadikan agama sebagai Tuhan itu sendiri !

3 Komentar

  1. iya nih…..dah googling berkali-kali kok gak dapet lagunya ya…..dulu pernah punya rekamannya,tp ilang

  2. Nih lagu susah bgt dptnya, saya blh tau link-nya
    Terima kasih sebelumnya..

  3. muhammad yunan fahmy

    mas….aku pengen denger lagunya ………..udah genap 1 tahun aku hunting tu lagu tapi gak dapet2.aku cuma potongannya aja…..gak full..
    aku boleh minta kan????
    tolong hub q….mc aja ntar aku yang telf 085649272858
    PLLLLIIIIIIIZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *